Saturday, December 15, 2018

Panduan SEO buat Pemula

SEO  atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) website di mesin pencari (Google, Yahoo!, Bing, dll)

Yah buat yg beginner nih gw terangin seberapa pentingnya SEO buat blog/web loe :

  • Menaikkan PR ( Page Rank ) di mesin pencari
  • Kalo PR naik otomatis traffic atau pengunjung web loe juga akan tambah banyak
  • Kalo traffic loe banyak, loe juga gk usah capek2 lagi buat ngiklan ke sana-sini (jadinya irit kan ? :v)

Nah itu manfaatnya :) .... Dah tau kan? Nah kalo dah tau gw bakal tunjukin biar blog/website loe jadi "berharga" di mesin pencari :

  1.  Pastinya Konten yang berkualitas, jangan copas alias copy paste ok :)
  2. Tampilan juga dipercantik, tapi jangan terlalu fokus sama tampilan, tetep fokus ke konten karena "Content is King"
  3. Nambahin meta tag di template blog loe yang bakal gw bahas besok di blog gw yang atunya (kapan") :v
  4. Tambahin  laman statis kaya Disclaimer, Contact Us,dll (cari sendiri) :v
  5. Gk usah kebanyakan iklan.... nanti webnya jadi lelet loadingnya gara2 iklan itu
  6. Tentuin keyword blog loe.... minimal 3 aja
  7. Optimalin URL postingan atau permalink
  8. Buat interlinking atau hyperlink buat navigasiin semua post di website loe
  9. Optimalin Heading tags.... loe tau lah di HTML ada Heading 1 (h1) Heading 2 (h2) dan seterusnya
  10. Pake link eksternal, jadi loe nyertain url blog/website lain jadi sama Google gk di cap website pelit :D
  11. Share Postingan loe ke berbagai sosmed kan lumayan buat backlink :D
  12. Pake SSL, loe bisa cari ssl gratis di google (ah gratisan mulu :v)
  13. Mempercepat kecepatan web loe.... Nih ada cara2 buat nambahin kecepatan website loe :
  • Kurangi pasang plugin, kaya plugin sosmed, iklan, dll.. Masalahnya visitor blog loe bakal bosen kan kalo loading nya lama alias lola?
  • Kurangi penggunaan redirect, gunakan redirect seperlunya aja pas ada broken link atau yah apalah itu
  • Kurangi elemen halaman, hapus CSS yg gk berguna, ingat! "Content is King!"
  • Kurangi link rusak, buat yang broken link perbaiki aja, kalo gk mau perbaiki bikin aja 404 page yang bakal gw bahas di blog gw yang lain :), nanti yang broken link redirect in aja ke situ
  • Kurangi penggunaan gambar, kalo memang gk bisa, kompres aja...
  • Pake cdn, CDN yaitu "Content Delivery Network" kalian bisa googling cdn gratis
Terus kalo nyepetin kecepatan di web hosting berbayar gimana? Gw aja pake hosting gratis tapi gw bakal tunjukin beberapa cara yg gw tau :
  1. Pilih hosting tercepat - gw rekomendasiin di Dewaweb disana murah2 kok cepet lagi tenang aja! :D
  2. Gunakan CMS yang terpercaya, kaya wordpress atau apalah itu, cari aja di google :D
  3. Nonaktifkan Hotlinking - Hotlinking itu adalah situasi dimana orang "nyolong" gambar dari server loe... Jadinya website loe jadi tambah berat
  4. Pake cdn yang terpercaya, kalo buat hosting yang berbayar, hostingnya juga harus berbayar lah :v, masak gratisan melulu :v
  5. Pake VPS, lu bisa cari vps murah di google :D
Dah itu dulu tips2 SEO dari gw semoga bermanfaat.... Balik lagi di postingan gw selanjutnya ! bye2!

Trying to be professional Blogger, Part-time bloggers only and a 15-year-old teenager If you want donate can click https://paypal.me/ZurokaisWeb or if you want to be backer on patreon >>> https://www.patreon.com/ferryardiansyah Thanks for your donation! Zurokai's Blog Telegram Channel : https://t.me/ZurokaisBlog


EmoticonEmoticon